"Berscooter Kita Bersaudara"

6.4.09

Membuat Rangkaian Penguat Platina

Pada Scooter platina adalah jantungnya mesin, kalau rusak gawat deh. Jadi kita harus selalu waspadai platina tersebut. Kerusakan pada platina ini dapat dilihat dengan berkurangnya supply pengapian pada Coil yang menyebabkan busi tidak dapat berfungsi dengan sempurna.
Pada kesempatan ini saya akan memberikan suatu rangkaian yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja dari platina tersebut. Intinya platina disini hanya untuk menyambung dan memutuskan arus saja, seperti pada gambar berikut :

Cara kerja dari rangkaian ini adalah hanya memanfaatkan percikan (switc ON/OFF) dari platina kemudian disetatabilkan, sehingga pengapian yang dikeluarkan oleh Coil lebih besar dan sempurna, meskipun platina tersebut dalam keadaan lemah.
Rangkaian yang kami rancang ini diberi nama Platina Semi CDI (PSC), seperti pada gambar berikut :
Cara pengukuran hasil dari Platina Semi CDI ini terperinci sebagai berikut :
Peralatan yang digunakan adalah alat ukur (AVO meter)
1. Set AVO meter pada AC 200 Volt.
2. Positif (kabel merah) AVO meter dihubungkan ke kabel rangkaian PSC yang menuju koil.
3. Negatif (kabel hitam) AVO meter dihubungkan ke massa/bodi.
4. Nyalakan motor/starter motor dengan kick starter, lalu lihat di AVO meter apakah ada tegangan yang keluar atau tidak ?
5. Bila tidak ada, maka periksa tegangan dari sepul yang mengalir ke PSC. Sebaiknya dilakukan pengecekan tegangan sepul terlebih dahulu, caranya sama seperti di atas, hanya saja kabel posituf AVO meter dihubungkan ke kabel sepul yang menuju PSC.
6. Kalau tidak ada AVO meter, coba lakukan kabel dari PSC yang menuju koil di sambungkan ke body besi motor, kemudian starter. Kalau ada percikan api berarti PSC ini berfungsi.

Selamat mencoba, motor saya sudah mencoba !!

thanks ilmunya bang Onix

13 Comentários:

petir said...

salut buat Bro Hengky..
memang dari jaman zebod ampe ginihari yg namanya vespa gak jauh dari busi sama platina.
thx's atas Informasinya..
salam scooterist.

Sastrocaster said...

Kalau mengenai otak atik mesin aq nggak paham sobat...Ini nambah ilmu bagi saya...kalau suatu saat motorku mogok atau gak mau jalan, ada solusi bermanfaat. makasih infonya Mas Hengky

hengky said...

@petir
emang bro ...mogok klo g busi ya platinanya geser
cukup mudah kok !!

@kora
yups ..saling berbagi sob !!

JengSri said...

Adoh, iki sih urusana wong lanang, JengSri rak melu2 ah :)

Lala said...

Waaa... aku ora mudeng secara aku ga pernah otak atik motor. Tapi thanks juga udah sharing info :)

hengky said...

he..he..
klo yang ini emang urusan nya co ya
tp skarng banyk jg kok ce-ce yang pinter utak-atuk mesin jg lho !

Cupu^_^Kisruh said...

mas hengky..!! pakabar mas :)
mas bisa minta tolong gak ....
posting tutorial dunk ..
cara merubah paltina ke CDI :)
thank sebelumnya :)

hengky said...

@cupu
kabar bae cupu
nanti saya coba bikinin bro ...thanks dah mampir

Bali Best Place said...

Apa ini berlaku juga buat LAMBRETA?? thanks....

hengky said...

@ Bali Best Place
duh ...saya kurang tahu bro klo Lambreta

mr dodol said...

mas hengky salam kenal..

Anonymous said...

ARTIKEL NYA SAMA SEMUA GAK DARI SOG OR BLOG2 ORANG LAEN SEMUANYA SAMA,,, GAMBAR GAK JELAS,INFONYA JG GK JELAS,CUMA COPY PASTE SOANG,,
DUH NAAS EUY ANAK NEGRI INDONESIA PENYAKITN BAU TAINYA DAH MENYERANG KE ANAK2 SCOTER,,,, BAE2 AH BRO KLO KTM D JALAN!!!!!

Anonymous said...

betul bro...katannya satu saudara bagi" ilmu setengah" mungkin ini okmum yang ngaku" anak scoter...

Post a Comment

For Sale

Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket

Blog Archive

Recent Comments

Vespa Style Never Last © 2008. Template by Hengky Kik.

SCOOTMAN