"Berscooter Kita Bersaudara"

22.2.09

Perlawanan Vespa Gembel (Rats Scooter)

Bagaimanakah cara kaum jelata mengekspresikan diri? Barangkali Anda bisa melihatnya di komunitas penggemar vespa gembel.(brekele) atau istilah kerennya Rat scooter Kalau kebanyakan orang suka pamer kemewahan, mereka justru pamer kegembelan. Inilah antitesis dari parade kemewahan di sekitar kita.

Komunitas ini mudah dikenali. Mereka umumnya mengendarai vespa rombeng tahun 1980-an atau 1995-an yang dimodifikasi sesuka hati hingga bentuknya aneh-aneh. Ada yang mengganti setang vespanya dengan setang tinggi menjulang. Mereka menyebut model ini sebagai vespa setang monyet karena pengendaranya akan terlihat seperti monyet yang sedang menggelayut di batang pohon.

Ada yang menambahi gerobak di samping vespanya. Ada pula yang menceperkan dan memanjangkan badan vespa hingga bermeter-meter. Yang begini mereka sebut vespa long.

Ciri lain, vespa model begini dekilnya minta ampun. Maklum, penggemarnya sengaja tidak mencucinya berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Tampilan vespa kian kumuh karena penggemarnya kerap menempelkan aneka ”sampah” di vespa mereka, mulai dari karung goni, gombal, drum bekas, galon air, sandal jepit, CD, selongsong mortir, botol infus, tengkorak sapi, hingga (maaf) celana dalam.batu nisan dll

”Pokoknya makin gembel makin keren. Itu berarti vespanya sering dipakai untuk keliling daerah,” ujar Muhammad Syahrul Permana alias Yayung (21), anggota Maskot, sebuah klub vespa di Pamulang, Tangerang, Banten.

Dia memiliki sebuah vespa yang dimodifikasi hingga panjangnya mencapai 5,6 meter. Saking panjangnya, kalau mau belok di tikungan tajam, vespa yang dibalut karung goni itu harus digotong beramai-ramai.

Tidak hanya rupa vespanya, tampilan sebagian penunggangnya pun sama acak-acakannya. Lihatlah Abi alias Brekele (22), anggota Banten Independent Touring Scooter (BITS). Rambutnya kribo tak karuan seperti sayuran brokoli.hengky kik ( SIP ) Pemalang dengan jaket lusuhnya dan rambut panjang sebahu. Tengok juga Arief (23) dari Scooter Tanpa Nama (STN) Ciledug atau Kimoy dari Maskot yang berambut gimbal dan berpakaian lusuh.

Kebebasan

Mengapa mereka mau menggembel-gembelkan diri? Ternyata ini ada kaitannya dengan faham kebebasan yang mereka anut. Mereka ingin merombak pandangan orang yang sering menilai orang lain dari penampilan luarnya.

”Kami ingin buktikan bahwa orang yang berpenampilan gembel hatinya belum tentu jahat,” tutur Yoyok, anggota BITS. Yoyok tahu persis bagaimana sakitnya disepelekan hanya karena penampilannya. Ketika kuliah dulu, dia kerap ditolak orangtua pacarnya karena rambutnya gondrong, suka memakai jaket belel, dan celana yang sobek di sana-sini.

Dengan vespa gembel, komunitas ini bisa dengan bebas mengekspresikan diri. ”Kalau orang kaya bisa pamer kemewahan, kita bisa pamer kegembelan,” ujar Aditiya Lukmansyah alias Ableh (24), Ketua Maskot, sambil tersenyum.begitu dengan Jack atau biasa di panggil Pak Jack dari GAM semarang dengan rambut gimbal dan tato di sekekujur muka dan badannya ..peduli amat ama orang lain

Dia mengaku senang sekali jika sedang tur berpapasan dengan rombongan penggemar motor mewah. ”Ternyata orang di pinggir jalan lebih banyak yang ngeliatin kita daripada ngeliatin kelompok motor mewah. Kalau enggak pake vespa gembel, mana ada yang mau memerhatikan kita,” ujar Ableh.

Kebanyakan penggemar vespa gembel memang berasal dari kelompok menengah ke bawah. Mereka umumnya pengangguran, mahasiswa, atau buruh serabutan. Meski ada pula yang berprofesi sebagai seniman, guru, atau pemilik bengkel.

Di dunia nyata, kelas ini sering kali dipandang sebelah mata. Mereka kerap diabaikan dan dipinggirkan. Nah, lewat vespa gembel mereka menciptakan ruang ekspresi sendiri lantas merebut perhatian orang lain.

Lewat kegembelannya, mereka menyelipkan semacam semangat demokrasi di jalanan. Bagi mereka, jalanan yang sering digunakan orang-orang kaya untuk memamerkan mobil dan motor mewah, juga harus bisa menjadi ruang bagi rakyat jelata berkantong cekak.

Lantas bagaimana kita memandang komunitas semacam ini? Ketika kita melihat komunitas ini, sebenarnya kita sedang melihat sebentuk perlawanan rakyat jelata kepada pihak-pihak berkuasa yang gemar memuja kemewahan. Kegembelan mereka adalah antitesis dari parade kemewahan di sekitar kita.

Tidak heran, jika komunitas ini tumbuh subur di hampir semua daerah pinggir kota, seperti Ciledug, Pamulang, Bekasi, Depok, Subang, Lampung, dan pemalang,pekalongan . Mereka menandai keberadaannya antara lain lewat kegiatan nongkrong setiap minggu.

Komunitas vespa di kawasan Ciputat dan Pamulang biasanya nongkrong di seberang Hero Pamulang tiap malam minggu dan di depan kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah tiap Rabu malam. Komunitas vespa Ciledug biasa nongkrong di depan perumahan Puri Beta dan Alfa Bintaro tiap malam minggu.,di pemalang setiap malam minggu di seputaran alun-alun

Mereka membentuk jejaring yang kuat hingga ke kota-kota lain di luar Pulau Jawa.,bahwa lintas luar jawa dan Sumatra Mereka saling mengunjungi, saling membantu, bahkan saling mendoakan.

Ada semacam aturan tidak tertulis bahwa sebuah klub harus menjamu anggota klub dari kota lain yang mampir ke markas mereka. Mereka menyediakan makanan, tempat menginap sekadarnya, bahkan kadang menyumbang uang bensin.

Tamu-tamu itu sering kali tidak hanya menginap satu-dua hari, tetapi berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan ada yang menetap hingga satu tahun. Dari sini, persaudaraan antarkomunitas vespa gembel terbentuk dan berkembang luas,istilahnya berscooter kita bersaudara emang kental di kluarga besar vespa . (kik )

16.2.09

Ultah Bondowoso Scooter yang Dihadiri Komunitas Vespa Nasional

Ribuan motor vespa pagi kemarin terlihat parkir di seputaran Alun-alun Bondowoso. Saat motornya jadi perhatian para pejalan kaki, mereka terlihat masih mendengkur di atas vespa maupun di sepanjang trotoar di sekitar alun-alun. Mereka yang datang dari berbagai kota di nusantara ini, seakan tidak menghiraukan lagi banyaknya pejalan kaki yang lalu lalang di seputar alun-alun


Di tempat lain, para peserta HUT ke-10 Bondowoso Scooter (Bonsco) itu, ada yang mulai berkemas untuk mengikuti acara." Sebentar lagi acara akan dimulai. Makanya, saya harus siap-siap untuk mandi dan gosok gigi," ujar Anton, 35, peserta dari Malang.

Hal senada diungkapkan Darmadji, 55, peserta dari Sepanjang Sidoarjo. Dia yang datang bersama istrinya, sudah terlebih dulu membersihkan tubuhnya. Karena, acara HUT Bonsco 10 yang bakal dibuka Bupati Amin Said Husni, dimulai pukul 08.00. "Karena, semua peserta yang jumlahnya ribuan ini, bakal konvoi mengelilingi wilayah perkotaan Bondowoso. Eman-eman kalau, kami melewatkan acara konvoi ini," katanya.

Begitulah, secuil kegiatan para komunitas vespa atau scooter saat akan merayakan HUT Bonsco 10. Darmadji dan istrinya, selanjutnya menyatakan, bukan kali ini saja dia menghadiri acara komunitas scooter. Bahkan, sudah berkali-kali dia dan istrinya menghadiri acara serupa. "Kali ini di Bondowoso. Sebelumnya, kami menghadiri acara serupa di Semarang Jateng dan Denpasar Bali. Bahkan, saat itu vespa hasil modifikasi saya, meraih juara dua," katanya bangga.


Darmadji mengungkapkan, dia datang bersama ratusan rombongan komunitas scooter dari Sidoarjo. "Sudah dua hari dua malam saya di Bondowoso. Dan kami sudah terbiasa tiduran bersama teman-teman lainnya di emperan jalan," kata pria yang menggemari vespa sejak remaja ini.

Hal senada diungkapkan Taufan, 35, komunitas scooter dari Malang yang datang ke Bondowoso bersama rombongannya. "Ini bentuk solidaritas dari para komunitas vespa atau scooter. Meski jauh jaraknya, kami akan datang. Seperti saat merayakan HUT ke-10 Bonsco Bondowoso ini," katanya. Meski, uang sangunya pas-pasan Taufan mengaku akan tetap hadir." Tidur bisa di emperan dan makan bisa di kaki lima ," katanya.


Sementara itu, Wawan, 40, panitia HUT menyatakan, tema ulang tahun Bonsco adalah Long Apolong Sareng Bonsco (Kumpul-Kumpul Bersama dengan Bonsco) dan mengundang sekitar 1.500 peserta dari berbagai kota di Indonesia. Selanjutnya, dalam acara itu, digelar kontes scooter paling cantik modifikasinya. Dan paling jelek modifikasinya. "Dan juaranya dipegang Jember dan Bali ," katanya.
Selain itu, kata Wawan, pihaknya menggelar acara musik reggae, dangdut. Serta melakukan permainan. "Pokoknya, seru banget. Kami sangat senang dengan kedatangan para komunitas vespa dari segala penjuru kota di nusantara ini," (kik)

9.2.09

SAFETY RIDING GOES TO RALLY WISATA MOTOR SHOW 2009

Pemalang, Tidak kurang 3000 Bikers pemalang ikut meramaikan kegiatan Rally wisata Polmas yang di gelar oleh jajaran Polres Pemalang pada hari minggu (8/2).
Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk memeriahkan hari jadi kota Pemalang yang ke- 434 dan hari Pers Nasional.
Kapolwil pekalongan Kombespol.Drs.DBM.Suharyo mengibarkan bendera start tanda dimulainya rally dengan disaksikan oleh Muspida setempat.



Ribuan bikers itu mengawali rute dalam lima rombongan,satu rombongan terdiri dari 300- 500 motor,mereka dikawal dengan mobil polisi yang berkecepatan kurang lebih 60 km/jam.Rombongan pertama terdiri dari kendaraan dari Honda Tiger,disusul rombongan dari Kapolwil dan Kapolres,kemudian disusul kendaraan jenis bebek dan rombongan terakhir oleh komunitas vespa pemalang yang tergabung dalam wadah SIP (Scooterist Independen Pemalang),Contras dari comal dan komunitas penggemar kendaraan jenis Binter mercy dari Black Eagle Moga dan Ikatan Motor Tua pemalang ( IMTP ).


Rute yang ditempuh dari widuri menuju tanjungsari, alun-alun,jalh akhmad yani ,dan lurus ke selatan menuju Bantarbolang.
Di bantarbolang rombongan belok kanan menuju desa Sambeng merapati medan yang sulit yang menanjak dan menurun,para bikers disuguhi oleh indahnya pemandangan di sekiling perjalanan.melewati juga keberadaan Padepokan AL-Bajigur yang sempat menggegerkan warna pemalang beberapa waktu lalu,dari sambeng belok ke kanan menuju desa Kejene yang jutga sempat menggeparkan warga kota Ikhlas ini karna pembakaran Pos Polisi Kehutanan.Medan sulit jg harus ditempuh lagi selain jalan yang menanjak dan menurun, juga banyak lubang dan tanggul di jalan, dsini jg banyak dari para peserta rally yang terjatuh,dari kejene ribuan motor ini memasuki desa kalimas kemudian belok kanan menuju WarungPring, di depan Kantor Polsek Warungpring para bikers menaruh sobekan kupon yang nantinya dapat ditukar dengan hadiah,sempat terjadi kemacetan disini ,meski hanya beberapa saat saja,selanjutnya para biker diuji lagi dengan jalan yang menikung,menanjak dan menurun hingga desa Mandiraja dan berakhir di Bumi Perkemahan( Buper) SikucingMoga.



Sampai di Buper Sikucing para bikers mendapat suguhan dari panitia berupa snack alami tanpa bahan pengawet seperti jagung rebus ,kacang rebus dan singkong yang ludes dalam beberapa saat,walaupun hanya makanan pedesaan warga kota nampak menikmati hidangan tersebut karna jarang dimakan oleh warga kota, rasa lebih manis dan pulen menurut salah seorang peserta “opay dari rombongan SIP Pemalang.

Mereka juga disuguhi beberapa group band dan sexy dancer sambil mengundi hadiah hiburan .
Kapolres Pemalang AKBP.Drs.Bambang Sukardi,SH,MSi dalam kesempatan itu menyampaikan kegiatan ini dilakukan untuk memperingati hari jadi kota Pemalang yang Ke-434 dan hari pers Nasional, Selain itu melalului rally ini masyarakat dimohon makin sadar akan pentingnya Safety Riding, apalagi selama dalam perjalanan mereka diharuskan menggunakan kepandaian dan skil dalam mengendarai motornya dengan baik dan benar demi keselamatan,menjaga kecepatan agar tidak melebihi 60 km/jam,menyalakan sein disaat berbelok dan menggunakan helm standar.acara bukan cuma music tetapi juga kegiatan sosial seperti donor darah dan pengumpulan dana buat korban tanah longsor di berbagai desa di pemalang.



Diatas panggung ,Kapolres didampingi oleh wakil bupati Pemalang Bpk .H.Junaedi SH.MSi,Dandim 0711 Pemalang dan Camat Moga Pujianto SIP,Selain menyampaikan sosiliasasi juga menghibur para bikers dengan melantunkan bebrapa lagu,meskipun diguyur hujan peserta nampak antusias atak kala para pejabat menyayikan tembang Puspa dan dan cari pacar lagi dari ST 12 yang dinyanyikan oleh bapak kapolres dan jajarannya .

Kawan-kawan dari BASI (Banyumudal Scooter Independent) juga tidak mau ngalah dengan menyumbangkan lagu – lagu berirama Reaagae.
Tidak hanya diikuti oleh warga pemalang tapi nampak dari beberapa peserta rombongan yang banyak menyita perhatian masyarakat yaitu vespa-vespa yang di dandani dengan model sespan ,chopper dan lainnya .
Acara semakin meriah tak kala bintang tamu dari kota Purwokerto mulai naik ke atas panggung , para peserta dihibur oleh banyolan dan bergoyang mengikuti irama Reaagae .



Buper Sikucing sangat meriah pada saat itu, panitia yang bekerja sama dengan Djarum Black , Yamaha Agung Motor, FIF ,Adira ,Pringjajar,PWI Pokja Kabupaten Pemalang dan Badan Norkotika Kabupaten Pemalang berjalan dengan lancar,Mereka Pulang Kembali ke kota secara rombongan dengan dikawal oleh mobil Polisi (Kik)

6.2.09

Tanyangan MotoMania di TV akan hadir Kembali

SALAM BIKERS & SALAM SCOOTERIST UNTUK SEMUA PECINTA SCOOTER DI MANAPUN...

IJINKAN KAMI DARI TIM MOTOMANIA MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA SEMUA

TEMAN - TEMAN SCOOTERIST....

PROGRAM OTOMOTIF RODA DUA " MOTOMANIA " YANG DULU DITAYANGKAN DI ANTV,

KINI PADA TAHUN 2009 INI DIRENCANAKAN AKAN TAYANG KEMBALI...

SELAIN PROGRAM MOTOMANIA DI TELEVISI (ON-AIR), MOTOMANIA JUGA AKAN

MENGGELAR SEBUAH ACARA BIKERS (OFF AIR)YANG BERI NAMA

"MOTOMANIA DAYS"

YANG AKAN DISELENGGARAKAN DI 7 KOTA BESAR DI INDONESIA YAITU :

- SUMATERA (

PALEMBANG )

- DKI JAKARTA ( JAKARTA )

- JAWA BARAT ( BANDUNG )

- JAWA TENGAH ( SEMARANG )

- DI.YOGYAKARTA ( JOGJAKARTA )

- JAWA TIMUR ( SURABAYA )

- BALI ( BALI )

ACARA MOTOMANIA DAYS INI KAMI RENCANAKAN AKAN DISELENGGARAKAN SELAMA

3X DALAM SETAHUN DI TIAP KOTANYA...

ADAPUN ISI DARI ACARA MOTOMANIA DAYS INI ADALAH " KONTES MODIFIKASI

MOTOR DENGAN TEMA YANG TELAH KITA TENTUKAN ", PEMILIHAN MOTOMANIA BOYS

& MOTOMANIA GIRLS, DAN BEBERAPA ACARA LAINNYA...

DENGAN ADANYA RENCANA YANG AKAN MOTOMANIA BUAT INI, KAMI DENGAN RENDAH

HATI MEMOHON DOA DAN DUKUNGAN DARI SEMUA REKAN - REKAN, TEMAN - TEMAN,

DAN SCOOTERIST SEMUA AGAR RENCANA INI BISA BERJALAN DENGAN BAIK DAN

SESUAI DENGAN RENCANA.

SEKARANG INI KAMI DARI TIM MOTOMANIA SEDANG MENGUMPULKAN DATA TERBARU

DARI KLUB - KLUB, KOMUNITAS - KOMUNITAS RODA DUA YANG

ADA DI 7 DAERAH

DIATAS DAN KAMI MENGHARAPKAN BANTUAN TEMAN - TEMAN SEMUA YANG MEMBACA

TULISAN INI UNTUK DAPAT MENGIRIMKAN BIODATA TERBARU KLUB ATAU

KOMUNITAS NYA KE TIM MOTOMANIA...

KAMI SANGAT MENGHARAPKAN BANTUAN TEMAN - TEMAN UNTUK BISA MENGIRIMKAN

DATA - DATA KLUB NYA SENDIRI MAUPUN KLUB - KLUB LAINNYA DILUAR KLUBNYA

DAN JUGA MENGINFORMASIKAN TENTANG INI KEPADA TEMAN - TEMAN KLUBNYA

YANG LAIN.....DATA- DATA TERSEBUT BISA DIKIRIMKAN KE EMAIL MOTOMANIA

neomotomania@gmail.com EMAIL TERSEBUT JUGA EMAIL FRIENDSTER, FACEBOOK

MOTOMANIA.....

SEBELUMNYA KAMI DARI TIM MOTOMANIA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH

BANYAK

SEBELUM DAN SESUDAHNYA...

SEMOGA BIKERS INDONESIA BISA MENJADI CONTOH BAGAIMANA PERBEDAAN ITU

BISA MENYATUKAN......

SALAM BIKERS, DAN SALAM MOTOMANIA....

HORMAT KAMI

TIM MOTOMANIA


Meneruskan dari email yang saya terima dari tim Motomania


1.2.09

Kalender 2009 Gambar Vespa

Yang mau kalender tahun 2009 dengan gambar Vespa Klasik dengan model cewek - cewek
seperti gambar-gambar di bawah ini :


untuk mengambil file komplitnya silahkan donload di
http://www.ziddu.com/download/3259401/kalender2009.zip.html
_________________

For Sale

Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket

Blog Archive

Recent Comments

Vespa Style Never Last © 2008. Template by Hengky Kik.

SCOOTMAN