"Berscooter Kita Bersaudara"

16.9.09

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H

Tidak terasa sudah dekat waktunya bagi kawan-kawan yang beragama muslim merayakan hari raya Idul Fitri 1430 H. Pada kesempatan ini ijinkan saya Hengky Kik ( Scootman ) mengucapkan selamat hari raya Lebaran, Mohon Maaf Lahir dan Batin karena mungkin didalam perjalanan saya dalam berinteraksi baik dengan sesama blogger / millis / forum maupun para pengunjung blog saya ini, saya telah melakukan suatu hal yang mungkin tidak berkenan dihati.
Bagi kawan-kawan yang harus pulang mudik untuk bertemu dengan sanak saudara dan handai taulan, semoga sampai di tujuan dengan selamat serta boleh kembali ke tempat tinggal masing-masing dengan tanpa kurang suatu apapun dan semoga selamat dan lancar di perjalanan!

10.9.09

Buat Pemudik?... hati hati di jalan....ya

Tahun 1430 H.... bulan Syawal sebentar lagi sudah sampai, umumnya para perantau dari kota kota besar (tidak harus dari jakarta kupikir) sudah mulai ancang ancang untuk pulang kampung atau yang biasa kita kenal dengan mudik.

Umumnya memang dari kota Jakarta (kenapa jakarta seehh) ... yang menuju ke daerah daerah, namun bagi mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di Jakarta,Yogyakarta,bandung dan semarang dan koto besar lainnya, mudik seperti menjadi kaharusan buat bertemu sanak keluarga , kecuali yang emang jauh bgt rumah nya or mepet ongkos nya.... (wekekekeke)

Yang perlu diperhatikan nih buat para bro n sis tante om pakde dan siapapum yang mudik....!!!

1. Perhatikan alat transportasi yang akan di jalan, jika menggunakan kendaraan umum, pastikan yang memiliki tingkat keamanan yang baik atau minimal punya track record yang baik. Kalau menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraananmu dalam kondisi se fit mungkin.. dari pada mengalami kejadian di bawah ini:

Gambar diatas adalah salah satu korban laka di kotaku, mo aku pasang yang foto yg ada korbannya g jadi takut pada miris liatnya . i, !!! yaah.. buat prepare aja.. bukannya nakuti nakutin he..he. kita perlu savety riding dalam berkendaraan.

2.. Perhatikan barang bawaan..... jangan sampai overload, bawa yang perlu perlu ajah... tinggalkan yang nggak penting atau bisa dibeli di jalan or di tempat tujuan. peralatan sefety riding yang akurat seperti helm yang standar,jaket,pelindung dada dan sarung tangan

3. Rute, kalu bisa pilih rute yang semudah mungkin, dalam artian tidak harus dekat atau cepat.. namun demi kenyamanan... sama aja nyiksa diri (kata temenku) kalau pilih rute yang singkat tapi jalur macet.... kha lebih nyaman rute lebih panjang tapi lancar.... (maunya sih cepet dan lancar)

info bisa wilayah jawa tengah mudik terkini bisa klik disini dan Untuk daerah rawan kemacetan,bencana alam dan kecelakaan Klik disini

Yang penting sabar diperjalanan, dan selalu ingat bahwa yang penting bisa silaturahmi keluarga besar, tanpa harus main sikut di jalan...

Oke deh.. bagi yang mau keluar dari Jakarta dan kota besar lainnya ... selamat jalan .. moga selamat sampai tujuan....
Met mudik lebaran (kik)

6.9.09

Perlawanan Vespa Gembel (Rats Scooter)

Bagaimanakah cara kaum jelata mengekspresikan diri? Barangkali Anda bisa melihatnya di komunitas penggemar vespa gembel.(brekele) atau istilah kerennya Rat scooter Kalau kebanyakan orang suka pamer kemewahan, mereka justru pamer kegembelan. Inilah antitesisdari parade kemewahan di sekitar kita.
Komunitas ini mudah dikenali. Mereka umumnya mengendarai vespa rombeng tahun 1980-an atau 1995-an yang dimodifikasi sesuka hati hingga bentuknya aneh-aneh. Ada yang mengganti setang vespanya dengan setang tinggi menjulang. Mereka menyebut model ini sebagai vespa setang monyet karena pengendaranya akan terlihat seperti monyet yang sedang menggelayut di batang pohon.

Ada yang menambahi gerobak di samping vespanya. Ada pula yang menceperkan dan memanjangkan badan vespa hingga bermeter-meter. Yang begini mereka sebut vespa long.

Ciri lain, vespa model begini dekilnya minta ampun. Maklum, penggemarnya sengaja tidak mencucinya berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Tampilan vespa kian kumuh karena penggemarnya kerap menempelkan aneka ”sampah” di vespa mereka, mulai dari karung goni, gombal, drum bekas, galon air, sandal jepit, CD, selongsong mortir, botol infus, tengkorak sapi, hingga (maaf) celana dalam.batu nisan dll

”Pokoknya makin gembel makin keren. Itu berarti vespanya sering dipakai untuk keliling daerah,” ujar Romany alias Tentara Tebu (26), anggota BSC, sebuah klub vespa di Tegal Jawa Tengah

Dia memiliki sebuah vespa yang dimodifikasi hingga panjangnya mencapai 5,6 meter. Saking panjangnya, kalau mau belok di tikungan tajam, vespa yang dibalut karung goni itu harus digotong beramai-ramai.

Tidak hanya rupa vespanya, tampilan sebagian penunggangnya pun sama acak-acakannya. Lihatlah Abi alias Brekele (22), anggota Banten Independent Touring Scooter (BITS). Rambutnya kribo tak karuan seperti sayuran brokoli.hengky kik ( SIP ) Pemalang dengan jaket lusuhnya . Tengok juga Arief (23) dari Scooter Tanpa Nama (STN) Ciledug atau Kimoy dari Maskot yang berambut gimbal dan berpakaian lusuh.

Kebebasan

Mengapa mereka mau menggembel-gembelkan diri? Ternyata ini ada kaitannya dengan faham kebebasan yang mereka anut. Mereka ingin merombak pandangan orang yang sering menilai orang lain dari penampilan luarnya.


”Kami ingin buktikan bahwa orang yang berpenampilan gembel hatinya belum tentu jahat,” tutur Tape, anggota Asbes Brebes.Dia tahu persis bagaimana sakitnya disepelekan hanya karena penampilannya. Ketika dulu, dia kerap ditolak orangtua pacarnya karena rambutnya gondrong, suka memakai jaket belel, dan celana yang sobek di sana-sini.

Dengan vespa gembel, komunitas ini bisa dengan bebas mengekspresikan diri. ”Kalau orang kaya bisa pamer kemewahan, kita bisa pamer kegembelan,” ujar Aditiya Lukmansyah alias Ableh (24), Ketua Maskot, sambil tersenyum.begitu dengan Jack atau biasa di panggil Pak Jack dari GAM semarang dengan rambut gimbal dan tato di sekekujur muka dan badannya ..peduli amat ama orang lain

Dia mengaku senang sekali jika sedang tur berpapasan dengan rombongan penggemar motor mewah. ”Ternyata orang di pinggir jalan lebih banyak yang ngeliatin kita daripada ngeliatin kelompok motor mewah. Kalau enggak pake vespa gembel, mana ada yang mau memerhatikan kita,” ujar Ableh.

Kebanyakan penggemar vespa gembel memang berasal dari kelompok menengah ke bawah,walaupun sekarang banyak dari kalangan keatas yang suka sama vespa. Mereka umumnya pengangguran, mahasiswa, atau buruh serabutan. Meski ada pula yang berprofesi sebagai seniman, guru, atau pemilik bengkel.

Di dunia nyata, kelas ini sering kali dipandang sebelah mata. Mereka kerap diabaikan dan dipinggirkan. Nah, lewat vespa gembel mereka menciptakan ruang ekspresi sendiri lantas merebut perhatian orang lain.

Lewat kegembelannya, mereka menyelipkan semacam semangat demokrasi di jalanan. Bagi mereka, jalanan yang sering digunakan orang-orang kaya untuk memamerkan mobil dan motor mewah, juga harus bisa menjadi ruang bagi rakyat jelata berkantong cekak.

Lantas bagaimana kita memandang komunitas semacam ini? Ketika kita melihat komunitas ini, sebenarnya kita sedang melihat sebentuk perlawanan rakyat jelata kepada pihak-pihak berkuasa yang gemar memuja kemewahan. Kegembelan mereka adalah antitesis dari parade kemewahan di sekitar kita.

Tidak heran, jika komunitas ini tumbuh subur di hampir semua daerah pinggir kota, seperti Ciledug, Pamulang, Bekasi, Depok, Subang, Lampung, dan pemalang,pekalongan,semarang . Mereka menandai keberadaannya antara lain lewat kegiatan nongkrong setiap minggu.


Komunitas vespa di kawasan Ciputat dan Pamulang biasanya nongkrong di seberang Hero Pamulang tiap malam minggu dan di depan kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah tiap Rabu malam. Komunitas vespa Ciledug biasa nongkrong di depan perumahan Puri Beta dan Alfa Bintaro tiap malam minggu.,di pemalang setiap malam minggu di seputaran alun-alun

Mereka membentuk jejaring yang kuat hingga ke kota-kota lain di luar Pulau Jawa.,bahwa lintas luar jawa dan Sumatra Mereka saling mengunjungi, saling membantu, bahkan saling mendoakan.

Ada semacam aturan tidak tertulis bahwa sebuah klub harus menjamu anggota klub dari kota lain yang mampir ke markas mereka. Mereka menyediakan makanan, tempat menginap sekadarnya, bahkan kadang menyumbang uang bensin.

Tamu-tamu itu sering kali tidak hanya menginap satu-dua hari, tetapi berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan ada yang menetap hingga satu tahun. Dari sini, persaudaraan antarkomunitas vespa gembel terbentuk dan berkembang luas,istilahnya berscooter kita bersaudara emang kental di kluarga besar vespa . (kik )

3.9.09

Motor Unik Dari Italia

Motor- motor bikinan Italia bakal ramai di pasaran kendaraan roda dua Indonesia. Di antaranya, Gilera Fuoco berkapasitas 500 cc. Motor dari negeri Pizza hut ini diimpor dan dipasarkan langsung oleh PT Sentra Kreasi Niaga (SKN). Asyiknya, roda depan motor ini dua. “Skuter ini bisa dipesan sejak awal September tahun lalu,” komentar A. Evi Nursanti, Promotion Manager SKN.

Fouco yang berarti api, didesain untuk memenuhi standar keselamatan, sporty dan kecanggihan. Skuter yang memiliki tenaga 40 dk di putaran 7.250 rpm ini, juga sudah dipasok oleh sistem bahan bakar injeksi.

Sekarang di Jakarta, Bali , Bandung dan kota besar lainnya juga dah mulai banyak yang menggunakan scuubek keluaran Piaggio dari italy ini.

Selain Fouco, PT SKN juga memperkenalkan Nexus. Motor ini juga mengusung mesin berkapasitas 500 cc. Mengkombinasikan teknologi dan manuver yang luar biasa di kecepatan tinggi.

Skuter ini ini memiliki inovasi power drive. Yakni, sistem suspensi belakang yang bisa disetel sesuai gaya berkendara dan kondisi jalan yang dilalui. Mesin terpasang kokoh di sasis direct link. Skuter ini dijual Rp 198 juta (on the road).
Boleh juga buat di bawa mudik ke kampung halaman.

For Sale

Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket

Blog Archive

Recent Comments

Vespa Style Never Last © 2008. Template by Hengky Kik.

SCOOTMAN