"Berscooter Kita Bersaudara"

30.10.09

Hindari Dek / Lantai Vespa Berkarat

Biar cat nggak gampang baret akibat sering diinjak, dek tengah Vespa biasanya dilapisi karet atau plastik. Selain tidak bikin kusam cat, tampilan tentu jadi lebih ciamik. Meski aman dari baret, skuteris nggak nyangka kalau di balik kepet yang tidak diperkuat lem itu jadi sarang air. Alhasil, gampang muncul karat (gbr. 1).

“Setuju. Apalagi pemasangan karet itu cuma dipaku ripet di pinggir. Sehingga kalau tidak dilem memungkinkan air meresap dan bikin karat,” jelas Warsito, mekanik Sito Racing yang piawai mendandani skuter Italia itu. Sito juga bilang kalau pemasangannya bukan tidak jelek selama pemilik mau lebih teliti di soal perawatan.


(gmbr 1- 2 )

Misal jangan lupa cuci dengan air bersih setelah kena guyur hujan atau kelar dicuci. Setelah itu dilap sampai kering. “Kalau nggak mau repot, bisa juga celah yang memungkinkan masuknya air meresap tadi dilindungi pakai lem kaca. Sehingga air jadi tidak gampang tergenang atau meresap,” wanti bapak tiga anak yang buka bengkel di Jl. Utan Panjang III, No. 8, Jakarta Pusat.

Kalau tidak mau pakai sealer dan tetap gaul, pasang list gabungan dari besi dan karet. “Contohnya seperti di dek samping kanan-kiri (gbr. 2),” tunjuk Sito yang lama menghilang dari peredaran itu. Penggantian ini dipastikan bikin cat tetap aman, juga dapat mencegah karat menumpuk. Pula gampang dibersihkan.

23.10.09

Larangan Belok Kiri Langsung Masih Sosialisasi

JAKARTA--Ketentuan Undang-Undang Lalu Lintas No.22, Pasal 112, Ayat 3, Tahun 2009, tentang larangan belok kiri langsung, masih disosialisasikan. Oleh karena itu, petugas polisi di lapangan belum memberikan sanksi bagi yang melanggar.

Termasuk Satlantas Polres Jakarta Barat, yang mengakui hingga hari ini masih belum berani memberikan tilang kepada para pengendara bermotor yang langsung berbelok kiri di pertigaan dan perempatan jalan Jakarta Barat. Menurut Kasatlantas Polres Jakarta Barat, Sungkono, petugas belum menilang karena masih dalam masa sosialisasi.

"Saat ini kita masih menyosialisasikan ketentuan ini di beberapa media elektronik dan cetak," ungkap Sungkono kepada Media pada Jumat (23/10). Selain lewat media, Sungkono juga menyatakan petugasnya memberikan teguran langsung kepada para pengendara motor yang melakukan pelanggaran belok kiri langsung di ruas-ruas jalan protokol Jakarta Barat.

Teguran ini, katanya, agar para pengendara sadar bahwa belok kiri langsung hanya dapat dilakukan ketika lampu lalu lintas berwarna hijau. Terkait dengan beberapa ruas jalan Jakarta Barat yang mempunyai rambu-rambu yang membolehkan pengendara belok kiri langsung, Sungkono mengatakan akan memerbarui rambu-rambu tersebut.

"Saat ini, di Jakarta Barat baru ada 5 rambu, akan kita cek lagi apakah masih berfungsi atau tidak,"tutur dia. Sebab, ungkap dia, saat ini masih ada gangguan listrik yang terjadi di beberapa daerah seperti Tomang, Grogol, Cengkareng dan Kembangan. Kondisi tersebut ,ujar Sungkono, membuat rambu menjadi mati secara bergantian.

Ia pun berjanji akan menerapkan Undang-undang tersebut begitu ada perintah langsung dari Polri. Begitu pula dengan denda Rp.250 ribu bagi para pelanggar larangan belok kiri langsung.

Jika terjadi penyimpangan hukum oleh petugas di lapangan, Sungkono meminta masyarakat agar tak segan langsung melapor ke kantor polisi. "Kan ada label nama di dadanya, langsung catat dan laporkan saja kalau berani macam-macam,"tegas dia.(kik)

15.10.09

DEWASA DAN BIJAK


Perbedaan itu suatu yang biasa, bila diterima dengan kedewasaan
Bahkan perbedaan itu, akan menjadikan suatu bentuk kesempurnaan..dan
Melengkapi kekurangan yang tidak ada pada diri masing-masing bila…
Perbedaan diterima dengan keikhlasan dan kelapangan jiwa,
Tanpa diliputi oleh rasa iri dan keegoisan
Kejujuran bersemayam di dalam hati kecil manusia
Tanpa bisa dijangkau oleh akar pikir dan logika

Berkata jujur dan apa adanya..sudah mengurangi sebagian beban yang ada
Meskipun..akan menimbulkan suatu kepahitan yang harus ditelan
Namun..hidup lebih berharga..bila dilandasi dengan kejujuran
Hidup itu suatu pilihan manusia untuk menentukan dirinya akan menjadi
apa..?
Sedangkan..kematian adalah kodrat manusia
Yang tidak bisa dihindarkan walau hanya sekedip mata
Menjadi tua adalah suatu keharusan, tetapi menjadi dewasa adalah suatu
pilihan
Begitupun menjadi seorang bijak, adalah pilihan yand didasarkan atas
Kedewasaan, pengalaman hidup dan kematangan dalam berfikir

Adakalanya orang yang menjadi tua, tapi tidak pernah menjadi dewasa
Apalagi menjadi seorang bijak..?
Karena hanya orang bodoh yang tidak mau memetik pelajaran dan mengambil
hikmah dari setiap pengalaman
Kejujuran adalah apa yang terlintas dihati,
Diucapkan dengan kata-kata, dan dibuktikan dengan sikap.

Kemunafikan adalah, apa yang diucapkan dengan kata-kata
Tidak sesuai dengan yang diinginkan dihati, dan tidak selalu sama dengan
yang dilakukan.
Pengecut adalah, menutupi segala kebenaran dihati, malu untuk mengakui,
Takut untuk melangkah karena suatu resiko yang belum tentu terjadi.
Kedewasaan adalah, mampu menyikapi segala bentuk kenyataan yang terjadi,

Menerima semua kritikan yang datang, dan tidak memaksakan pendapatnya
untuk diterima
Orang bijak selalu belajar dari pengalaman, merenung dan introspeksi
diri tanpa membodoh-bodohkan orang lain, karena tidak ada orang yang
mulia tanpa melalui suatu kebodohan yang pernah dijalankan.
Mengenal diri adalah kunci hidup suatu ketenangan batin, memahami
kesalahan adalah suatu keberhasilan sedangkan memaafkan kesalahan orang
lain, adalah suatu kemuliaan.

9.10.09

Vespa sang legendaris


ASAL MULA

Sejarah vespa dimulai lebih dari seabad silam, tepatnya 1884. Perusahaan Piaggio didirikan di Genoa, Italia pada tahun 1884 oleh Rinaldo Piaggio. Bisnis Rinaldo dimulai peralatan kapal. Tapi di akhir abad, Piaggio juga memproduksi Rel Kereta, Gerbong Kereta, body Truck, Mesin dan Kereta api. Pada Perang Dunia I, perusahaannya memproduksi Pesawat Terbang dan Kapal Laut. Pada tahun 1917 Piaggio membeli pabrik baru di Pisa dan 4 tahun kemudian Rinaldo mengambil alih sebuah pabrik kecil di Pontedera di daerah Tuscany Italia. Pabrik di Pontedera inilah yang mana menjadi Pusat produksi pesawat terbang beserta komponen-komponennya (baling-baling, Mesin dan Pesawat) Selama Perang Dunia II, pabrik di Pontedera membuat P108 untuk mesin Pesawat dua penumpang dan Versi Pembom.

Lahir Kembali

Pada akhir Perang Dunia II, pabrik Piaggio dibom oleh pesawat sekutu. Setelah perang usai, Enrico Piaggio mengambil alih Piaggio dari ayahnya (Rinaldo Piaggio). Pada saat itu perekonomian Italia sedang memburuk, Enrico memutuskan untuk mendisain alat transportasi yang murah. Enrico memutuskan untuk fokuskan perhatian perusahaannya pada masalah personal Mobility yg dibutuhkan masyarakat Italia. Kemudian bergabunglah Corradino D’Ascanio, Insinyur bidang penerbangan yang berbakat yang merancang, mengkonsep dan menerbangkan Helikopter Modern Pertamanya Piaggio. D’Ascanio membuat rancangan yang simple,ekonomis, nyaman dan juga elegan. D’Ascanio memimpikan sebuah revolusi kendaraan baru. Dengan mengambil gambaran dari tehnologi pesawat terbang, dia membayangkan sebuah kendaraan yang dibangun dengan sebuah “Monocoque” atau Unibody Steel Chassis. Garpu depan seperti Ban mendarat sebuah pesawat yang mana mudah untuk penggantian ban. Hasilnya sebuah design yg terinspirasi dari pesawat yang yang sampai saat ini berbeda dengan kendaraan yang lain.

Maka pada 1945, konstruksi alternatif tersebut ditemukan. Awalnya memang sebuah konsep sepeda motor berkerangka besi dengan lekuk membulat bagai terowong. Mengejutkan, ternyata bagian staternya dirancang dengan menggunakan komponen bom dan rodanya diambil dari roda pesawat tempur.

Guna mengoptimalkan bentuk dan keamanan penggunanya, pabrikan yang kala itu masih terbilang sebagai usaha ''kaki lima'' merancang papan penutup kaki pada bagian depan. Proyek ini langsung dipimpin oleh Corradino d'Ascanio. Karena itu, hak paten pun segera dapat mereka kantongi.

Hasilnya, muncullah pertama kali produk motor dengan seri MP5. Kendaraan ini berteknologi sederhana tetapi punya bentuk yang amat menarik, bagai binatang penyengat (lebah/tawon) karena bentuk kerangkanya.


Namun, karena bentuk penutup pengaman yang bagai papan selancar itu, sejumlah pekerja di pabrik Piaggio pun bahkan mengatakannya sebagai motor Paperino. Harap diingat, Paperino adalah sindiran sinis untuk tokoh Donald Duck (bebek). Maka, d'Ascanio pun putar akal untuk memperbaiki model tersebut.

D’ascanio hanya membutuhkan beberapa hari untuk mengonsep ulang bentuk desain kendaraannya dan prototipnya diberi nama MP6. Saat Enrico Piaggio melihat protototip MP6 itu, ia secara tak sengaja berseru “Sambra Una Vespa” (terlihat seperti Tawon). Akhirnya dari seruan tak sengaja itu, diputuskan kendaraan ini dinamakan ‘Vespa’ (tawon dalam bahasa Indonesia). Pada April 1946, prototip MP6 ini mulai diproduksi masal di pabrik Piaggio di Pontedera, Italia.

Pada Akhir 1949, telah di produksi 35000 unit dan dalam 10 tahun telah memproduksi 1 Juta unit dan pada pertengahan tahun 1950. Selama tahun 1960-an dan 1970-an Vespa menjadi simbol dari revolusi gagasan pada waktu itu.

Perkembangan selanjutnya, produk ini ternyata laris diserap pasar Prancis, Inggris, Belgia, Spanyol, Brazil, dan India -- selain di pasar domestik produk ini laku bagai kacang goreng. Selain itu, India pun memproduksi jenis dan bentuk yang sama dengan mengambil mesin Bajaj. Jenisnya adalah Bajaj Deluxe dan Bajaj Super. Sejumlah pihak lantas mengajukan lamaran untuk joint membuat Vespa. Maka pada 1950 munculah Vespa 125 cc buatan Jerman.
Pada saat itu banyak negara lain yang mencoba membuat produk serupa, tetapi ternyata mereka tak sedikit pun mampu menyaingi Piaggio. Di antara pesaing itu adalah Lambretta, Heinkel, Zundapp, dan NSU. Bagi masyarakat Indonesia, produk Lambretta dan Zundapp, sempat populer di era 1960-an.

Selidik punya selidik, fanatisme terhadap Vespa ternyata muncul akibat ciri dasar bentuk motor ini yang selalu dipertahankan pada setiap produk berikutnya. Bahkan saat mereka terbilang melakukan ''revolusi'' bentuk pada produk baru, Vespa 150 GS, kekhasan pantat bahenol masih terasa melekat.

Produk 150 GS -- kala itu dikenal sebagai Vespamore dan hampir selalu tampil di tiap film tahun 1960-an -- memang kemudi dan lampu sorotnya mulai dibuat menyatu. Tetapi, secara keseluruhan apalagi bentuk pantatnya, benar-benar masih membulat. Dan cerita terus berlanjut saat ini dengan model generasi baru Vespa, mempersembahkan Vespa ET2, Vespa ET4, Vespa Granturismo dan Vespa PX150. Vespa bukan hanya sekedar Scooter tapi salah satu Icon besar orang Italia.

Sejarah Vespa di Indonesia

“Demam Vespa” di tanah air sangat di pengaruhi oleh “Vespa Congo”. Vespa diberikan sebagai Penghargaan oleh Pemerintah Indonesia terhadap Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia yang bertugas di Congo saat itu.

Menurut beberapa narasumber, setelah banyak Vespa Congo berkeliaran di jalanan, mulailah Vespa menjadi salah satu pilihan kendaraan roda dua di Indonesia. Importir lokal turut mendukung perkembangan Vespa di tanah air.

Sampai saat ini sudah puluhan varian Vespa yang mampir di Indonesia. Dari yang paling tua hingga yang paling baru ada di Indonesia. Sampai saat ini Indonesia mungkin masih bisa disebut sebagai surganya Vespa. Maraknya ekspor Vespa, sedikit banyak mengurangi populasi Vespa di Indonesia.

1.10.09

U mild U Bikers Goyang Kemayoran

Jakarta - Setelah menikmati libur panjang lebaran, ajang U Mild U Bikers Festrack 2009 akhirnya kembali terselenggara dan telah sampai ke seri keempat yang akan diselenggarakan di PRJ Kemayoran Jakarta, 3-4 Oktober 2009.


Asyiknya lagi, U Mild U Bikers Festrack 2009 ini selain menyuguhkan perlombaan adu kebut, ternyata juga menyajikan berbagai acara lain seperti kontes modifikasi.


di dalam event UMild Bikers
VIO (Vespa Indonesia Online) mewakili VESPA juga mengikuti lomba STANDBOOTH,
yang di ikuti juga oleh club Motor lainnya seperti Honda,Suzuki dan vespa hanya dari Vespa Indonesia Online maka dari itu mari dukung saudara kita dengan memberikan polling / suara Kepada VIO .
Bahkan pemenang nasional untuk kategori Best of The Best Modificator serta Best Vote ternyata juga akan diajak untuk ikut menyaksikan meriahnya pagelaran Bangkok Motor Show.

Hebatnya, tidak hanya pemenangnya saja yang akan berangkat ke ibukota negeri gajah putih tersebut, namun juga motor hasil modifikasinya pun juga akan ikut diboyong ke pameran motor yang masih bisa dibilang terbesar di Asean ini.

Suguhan yang diberikan U Mild pun ternyata tidak berhenti sampai disitu. Sebab di seri Jakarta yang merupakan bagian dari enam seri yang telah disiapkan U Mild ternyata juga terselip sebuah pertunjukan freestyle.

Dan di kesempatan kali ini, akan tampil freestyler asal Hongaria, Angyal Zolthan yang rencananya akan berduet dengan Best of the Best Freestyler tahun lalu, Wawan Tembong.

Angyal sendiri merupakan Juara 1 Stuntwars di USA dan satu-satunya stuntrider di dunia yang bisa Switch Back Wheelie Circle tanpa ban depan.
Di kesempatan ini, dia juga akan memberikan coaching clinic dan meet and greet kepada para freestyler tanah air.


Dan untuk semakin memeriahkan pagelaran ini, para pengunjung pun juga akan
dihibur dengan penampilan dari beberapa Band terkemuka seperti Koil dan The Brandals.

INSYA ALLAH. VIO MEMBUKA KOTAK PERDULI
PUNDI AMAL di BOOTH VIO, PADA event u mild kemayoran 3-4 Oktober 2009.
SEMOGA SELURUH REKAN SCOOTERIST DAPAT BERPARTISPASI........ demi INDONESIA......

sumber :
otodetik
VIO
Scootman Blog

For Sale

Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket

Blog Archive

Recent Comments

Vespa Style Never Last © 2008. Template by Hengky Kik.

SCOOTMAN