"Berscooter Kita Bersaudara"

5.3.10

KAGA USAH GUSAR SAAT STNK MELAYANG

Kehilangan Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) ibarat hilangnya nyawa dan identitas kendaraan bermotor,Rasa was-was bakal terus menghantui si pengguna kendaaraan bermotor itu sendiri.Apalagi saat berada ditengah perjalanan yang akhir-akhir ini sarat dengan jadwal razia,bias-bisa ditilang oleh pihak berwajib,dan dipastikan,berkendara motor tanpa STNK bias terkena pasal Pencurian,alias mengemudikan kendaraan yang tidak memiliki identitas yang jelas.
Menemui masalah STNK hilang,kerap dibayangkan sebagai kerepotan besar saat akan mengurusnya kembali,padahal sebenarnya cukup mudah.
‘Pengurusan tidak memakan waktu yang begitu lama .paling memakan satu hari ,Tentu hal ini berlaku jika persayaratan yang diminta kantor samsat setempat telah dilengkapi.

SYARAT HARUS LENGKAP
Jika STNK hilang ,segeralah membuat surat laporan kehilangan ke pos polisi tersekat,atau polsek setempat dimana lokasi hilangnya STNK.Biasanya pada polsek setempat diminta juga lampiran bukti pengeiklanan berita kehilangan pada media masa seperti Koran dan radio.
Ini merupakan syarat pertama yang harus dipenuhi,dan nantinya laporan bakal dilampirkan saat pengurusan STNK berikut sertaan dokumen lain.

Langkah berikutnya adalah menyertakan dokumen berupa identitas asli pemilik STNK yaitu,KTP,bukti pemilikan Kendaraan Bermotor(BPKB) asli,cek fisik nomor mesin dan nomor sasis kendaraan,kondisinya akan lebih bagus jika anda menyimpan fotocopy STNK yang hilang.
Bila kendaraan yang STNK nya hilang masih berstatus kredit / leasing ,maka harus disertakan pula fotocopy BPKB dengan legalisir dari pihak pemberi leasing atau bank,selaku penjamin keberadaan BPKB.
Setelah semuanya syarat terlengkapi,petugas akan melengkapi formulir STNK hilang dengan data yang ada .Barulah semua berkas dimasukaan ke loket pengurusan STNK di kantor samsat untuk dibuat duplikatnya,biaya pengurusannya pun tak mahal,paling sebatas pembelian formulir pendaftaran STNK,jadi jangan pernah berpikir,pengajuan permohonan pembuatan duplikat STNK memakan banyak biaya .

Dari urutan diatas paling banyak menyita waktu adalah saat pengecekan kendaraan yang bersangkutan pada data base.Hal ini memungkinkan karena dalam prosesnya memerlukan ketelitian,tujuan nya agar jangan sampai terjadi kesalahan dalam penerbitan STNK dengan nomor yang sama nantinya,Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) duplikat itu menggunakan nomor baru,tentunya atas dasar keterangan yang menyebutkan bahwa surat itu adalah duplikat.sama halnya dengan data pada computer .
Ini penting untuk mengantisipasi penyalahgunaan STNK yang lama.Antisipasi lain jika sewaktu-waktu STNK lama yang hilang ditemukan kembali,maka identitas kendarann yang lama tersebut harus dilebur karena dianggap sudah tidak berlaku lagi .
Kesimpulannya,jika STNK hilang cepat-cepatlah diurus.Ini menjaga agar tidak terjadi pemalsuan ,untuk langkah preventifnya serta berjagfa-jaga,ada baiknya mulai memfotocopy STNK (kik)

3 Comentários:

Lina Marliana said...

Thanks banget atas tips2nya..
Salam kenal bro.. aku add follow yah.. Thx

Ferdinand said...

Haha samaan Sob.......emank rasanya Susah bgt klo Surat2 pada Ilang.....untungnya ada yg baik waktu itu Ngembaliin gy hhe.....

hengky said...

Lina : thanks dah mampir ..fah aku follow jg
ferdinand : iya emang bro ..utk antispasi kita bikin cadangan di copy

Post a Comment

For Sale

Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket

Blog Archive

Recent Comments

Vespa Style Never Last © 2008. Template by Hengky Kik.

SCOOTMAN