"Berscooter Kita Bersaudara"

23.9.10

Pemotor Harus Diajari Tertib, Bukan Dilarang-larang

Jakarta - Belakangan ini para pengguna kendaraan roda dua sering kali dibuat resah oleh berbagai peraturan yang direncakan kepolisian dan pemerintah.

Para pengendara motor pun merasa diasingkan dari jalanan meski mereka sama-sama membayar pajak seperti pengguna kendaraan lain.

Melihat hal itu, Presdir Indomobil Group Gunadi Sindhuwinata menyarankan agar pihak-pihak yang berwenang tidak lagi melarang-larang pengguna motor dan membedakannya dengan pengguna mobil karena baik mobil maupun motor sama-sama membayar pajak.

"Jalan itu kan punya publik, milik umum, jangan larang-larang," ungkapnya.

Para pejabat yang berwenang menurut Gunadi diharapkan tidak menggunakan jalan pintas dengan melarang sesuatu ke pengguna jalan khususnya motor.

Pemegang kuasa seharusnya mengajari masyarakat entah itu pengguna motor atau pun mobil agar lebih tertib di jalan.

"Kuncinya itu, tertib. Lebih baik mengajari mereka cara tertib berlalu-lintas daripada melarang-larang," tegasnya.

"Ajari kenapa pengguna motor harus pakai helm, kenapa dibuat jalur khusus. Itu lebih efisien. Kalau semua sudah tertib, banyak masalah terpecahkan. Macet dikurangi, kecelakaan dikurangi. Kalau ada yang melanggar, baru tindak," imbuhnya.

Gunadi berpendapat tidak fair melarang-larang para pengguna motor selagi infrastruktur Jakarta masih minim. Misalnya saja rencana pelarangan motor masuk ke jalan protokol yang tidak jadi dilaksanakan.

"Yang saya tahu Pak Gubernur DKI Jakarta memang tidak memiliki rencana pelarangan motor lewat jalan protokol, mungkin itu bawahannya, saya tidak tahu dan itu tidak terbukti akan dilakukan. Tapi yang jelas kalau andaikan itu dilakukan, itu tidak fair dilakukan selagi infrastruktur transportasi masih seperti sekarang," pungkasnya.

Sebelumnya Pemprov DKI Jakarta dan kepolisian sempat akan memberlakukan pembatasan motor di jalan protokol sehabis Lebaran, namun hal itu belum jadi dilaksanakan.
( syu / ddn )

2 Comentários:

Faril said...

harusnya dibuat jalur khusus untuk masing2 jenis kendaraan agar tidak saling berbaur dan menyebabkan macet....

PEMALANG BANGKIT said...

Bener bgt tuh..?
Usul noh jalur khusus...
biar kendaraan gak ampe ngadat di jalan gara2 SEMRAWUT..!!!!!!

Post a Comment

For Sale

Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket

Blog Archive

Recent Comments

Vespa Style Never Last © 2008. Template by Hengky Kik.

SCOOTMAN