"Berscooter Kita Bersaudara"

27.12.10

Trik dan Tips Membeli motor bekas

Mau beli motor bekas, jangan tertipu dari bodinya yg ngejreng, namun anda harus memperhatikan beberapa hal yang mutlak harus diketahui. Berikut tips-tipsnya:
1. Cek harga pasaran
Sebelum anda hunting motor bekas yang akan anda beli, sebaiknya lakukan cek harga jual motor bekas di pasaran terlebih dahulu baik dari koran, majalah atau mungkin bisa juga dari menu pabrikan di situs internet.
2. Cek nomor rangka dan mesin motor
Periksa nomor rangka dan mesin motor, lalu sesuaikan dengan nomor rangka serta nomor mesin yang tertera pada STNK maupun BPKB. Perhatikan lebih jelas apakah nomor rangka & mesin motor adalah asli dan bukan ketokan kasar (biasa penjual atau penadah motor curian mengubah nomor rangka dan mesin dengan cara di ketok)
Cek nomor polisi ke SMS layanan Polisi. caranya : ketik: Metro(spasi)nomor polisi
contoh : Metro B8118HJ Kirim ke 1717 (Hanya untuk wilayah Jakarta)
3. Cek kondisi fisik
Periksa kondisi body, spion, baut, dan lain sebagainya, apakah terlihat banyak goresan, kondisi retak ataupun pecah. Usahakan juga akan lebih baik jika semua yang menempel pada motor adalah parts orisinil.
4. Cek kondisi oli motor
Usahakan buka dan ukur oli yang ada di dalam mesin. Pastikan ukuran oli tidak berlebihan, karena oli yang berlebih akan membuat suara mesin menjadi lebih halus, sehingga dapat menyembunyikan suara asli motor yang mungkin berbunyi kasar.
5. Cek speedometer
Pastikan agar tidak ada retak atau adanya bekas pembongkaran. Lihat jumlah berapa km yang telah ditempuh oleh motor tersebut. Jika diatas 20.000 km maka dapat dipastikan akan banyak sekali komponen mesin yang akan segera Anda diganti.
6. Hidupkan mesin motor
Coba hidupkan mesin motor tersebut, apakah bisa stationer atau langsam. Karena kondisi pada mesin yang tidak bermasalah dapat langsam pada putaran kurang lebih 1500 rpm. Serta pastikan juga bahwa tidak ada bunyi-bunyian yang kasar di dalam mesin.
7. Cek perpindahan gigi
Jalankan kendaraan dan perhatikan posisi perpindahan gigi apakah terasa sulit atau tidak. Apabila terasa sulit berarti menandakan kampas kopling motor tersebut akan segera habis. Satu lagi yang perlu diperhatikan juga adalah, jika terdengar suara mendesir pada saat motor berjalan. Kemungkinan besar gigi primer dari motor tersebut akan segera habis.
8. Cek rangka atau sasis motor
Perhatikan kelurusan roda motor depan dan belakang, dan pastikan bahwa rangka atau sasis motor tersebut tidak ada kebengkokkan. Jalankan sekitar 40km/jam dan tekan rem sedikit mendadak untuk pastikan motor tidak sulit dikendalikan. Hal ini berguna untuk mendeteksi lurusnya sasis dan poros setang atau setir.
9. Cek kebocoran
Usahakan Anda dapat mencoba jalankan motor lebih lama, dan setelah motor dijalankan kurang lebih sekitar 500meter. Perhatikan apakah terlihat adanya oli yang bocor melalui sela-sela mesin. Atau adanya air radiator bocor bagi motor yang menggunakan radiator.
10. Cek kondisi kelistrikan
Periksa juga kelistrikan dan lampu-lampu seperti lampu motor depan, lampu sein, lampu rem belakang, klakson, lampu speedometer, atau elektrik stater motor. Apabila semua berfungsi atau hidup, berarti tidak ada kerusakan pada komponen dan kondisi aki motor tidak ada permasalahan.
11. Cek kondisi roda
Lakukan pengecekan terhadap kondisi Roda. Bagaimana kelurusan antara roda depan dengan roda belakang, hal ini untuk meyakinkan bahwa chasis atau rangka tidak membengkok,motor yang mengalami jatuh atau benturan keras bisa menyebabkan kebengkokan pada chasis.
12. Kalau bisa cobalah test drive
Mintalah kepada si penjual agar anda bisa mencoba mengendarai motor tersebut. Anda tentu akan bisa merasakan apakah motor tersebut ada kelainan atau tidak pada handling atau pada akselerasinya, dll.

Jangan lupa sesuaikan harga jual motor bekas yang ditawarkan oleh penjual dengan kondisi motor yang akan dijual tersebut. Karena setiap motor ada kelebihan dan kekurangan masing-masing.

19.12.10

Aksi Tato Untuk Keistimewaan Yogyakarta

Yogyakarta-Dukungan terhadap keistimewaan Yogyakarta diwujudkan dalam berbagai bentuk. Sekelompok anak muda Yogyakarta, menunjukkan aksinya dengan menggelar aksi di depan Benteng Varderburg.

Aksi dengan tema Solidaritas Tatto Indonesia untuk keistimewaan Yogyakarta ini adalah sebagai bentuk dukungan atas keistimewaan Yogyakarta. Java Tattoo Club Yogyakarta menggelar aksi mentatto tubuh mereka dengan gambar keraton dan Puro Pakualaman.

Sapto Raharjo yang akrab disapa Atong sebagai Presiden Java Tatto Club mengatakan, acara ini adalah sebagai wujud kepedulian seniman atas keistimewaan Yogyakarta. "Kami berharap keistimewaan tetap dipertahankan. Karena Yogya adalah multikultur," kata Atong, Minggu 19 Desember 2010.

Widi Hasto, Pimpinan Gerakan Rakyat Mataram mengatakan, acara ini merupakan aksi solidaritas seniman tatto atas keistimewaan dan mereka mengekspresikan dukungan keistimewaan dengan cara seperti ini. "Karena mereka nyaman tinggal di Jogja," ujarnya.

Sementara itu, Maria model tatto yang datang dari Magelang, menyatakan "Saya mendukung keistimewaan Yogyakarta dan penetapan dengan menatto tubuh saya dengan lambang Keraton."

Selain itu, Yogi salah satu model yang di Tatto juga menyatakan dukungannya kepada keistimewaan Yogyakarta. "Keistimewaan Jogja adalah harga mati," ujarnya.

sumber / foto: VivaNews & Javatatto club

17.12.10

Laguna Resort Labuan Banten Banjir Vespa

Labuan,Banten– Sudah selama seminggu puluhan ribu penggemar sepeda motor jenis vespa atau scootermania, tumpah ruah di Sekitar banten, cilegon dan pandeglang jawa barat . Kedatangan mereka untuk mengikuti acara Java Scooters Rendesvous 5 tanggal 4-5 Desember 2010 (JSR-red).

Dari mulai vespa keluaran tua hingga terbaru bisa ditemui dalam acara itu. Bahkan banyak juga besi tua yang kumuh itu dibuat ceper dengan setang menjulang tinggi dan berbagai aksesoris menempel di bodinya. Benar-benar berantakan dan tak seperti bentuk aslinya tapi itulah keunikannya dan menjadikan penggemarnya benar-benar fanatic.

Pertemuan tahunan scooteris se-Indonesia tahun ini Jawa Barat tampil sebagai tuan rumah dan ditunjuklah Laguna Resort sebagai tempat digelarnya acara.

”Banyak peserta yang datang dari luar Jawa-Madura. Tak kurang dari 20.000 scooteris berkumpul. Mereka yang berasal dari Pulau Jawa, Palembang, Kalimantan , Sulawesi dll hampir semua
Kabupaten dan Kota terwakili.

Salah satu tujuan acaranya sendiri adalah sebagai ajang berkumpul untuk bersilahturrahmi dengan pecinta motor Scooter di seluruh Tanah Air. Pesertanya mulai dari Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam hingga Propinsi Papua.

Java Scooter Rendezvous merupakan bahasa Belanda kalau diartikan ke dalam Bahasa Indonesia berarti temu kangen antara penggemar motor Vespa.

”JSR pertama kali kita gagas sekitar tahun 2006. Jambore pertama di Bandung , Jawa Barat. Kemudian JSR ke 2 di TMII Jakarta dan JSR ke 3 di Kota Magelang-Jateng. Kemudian JSR ke 4 di Kota Batu,dan yang ke 5 diadakan di kota Banten ujar “Celek salah satu peserta yang datang dari kota semarang .
Kegiatan JSR ke 5 di Laguna Resort antara lain, Fun Game, live musik, kontes vespa dan masih banyak yang lain, walaupun sempat hujan dan berbecek-becek ria tp dari peserta masih banyk yg menikmatinya . (Kik)

12.12.10

Perlukah Maling Motor Ditembak?

Jakarta - Pencuri motor memang sudah sangat membuat gerah pemilik motor. Sudah banyak korban dibuat geram oleh perilaku pencuri. Bahkan, pelaku sudah tidak pandang bulu memilih korbannya. Tua ataupun muda motornya disikat dalam waktu beberapa detik saja.

Saking kesalnya terhadap prilaku itu, penulis menemukan salah satu poster bertuliskan "TEMBAK DI TEMPAT MALING MOTOR" yang didapati di seputaran Ciputat, Tangerang. Inti dari pamflet tersebut mengajak kita agar tetap waspada ketika berada di manapun dan meninggalkan motor.

Poster itu diletakkan di salah satu tiang listrik tepat yang banyak lalu lalang pengendara motor dan mobil.

Maling pun seperti diberikan peringatan keras agar jangan mencuri di area sekitar poster. "TEMBAK DI TEMPAT MALING MOTOR. SETIAP BULAN PULUHAN MOTOR HILANG DISEKITAR KITA, HATI-HATI DAN WASPADA. MARI KITA PERANGI PENCURI KENDARAAN BERMOTOR".
. Bisa-bisa motor Anda hilang dalam hitungan detik saja. Modusnya pun kini makin beragam.

"Dulu sempat ada kasus pencurian motor. Pencuri memakai mobil box. Jadi motor yang tengah diparkir di depan rumah itu langsung diangkat ke dalam mobil box. Saya pikir itu mobil dari diler motor ternyata mereka pencuri," ujar Ajeng salah seorang warga.

Maraknya kasus pencurian itu membuat warga makin sering menggelar siskamling. Sampai subuh pun warga meronda. "Biasanya maling itu beraksi di subuh-subuh atau pagi seperti ini mas. Soalnya yang ngeronda baru pulang, orang jadi lengah," ujarnya.

Data dari Direktorat Reserse Polda Metro Jaya mencatat kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) menduduki urutan tertinggi kasus kriminalitas. Terutama tahun 2008. Tingginya angka kriminalitas curanmor ini tidak terlepas dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor itu sendiri.

Kasus curanmor roda dua mencapai 8.338 di tahun 2008. Sedangkan roda empat mencapai 1.664 kasus dan 1 kasus roda tiga.

Jadi perlukah maling motor ditembak? Bagaimana menurut Anda?
( ddn / ddn )

For Sale

Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket

Blog Archive

Recent Comments

Vespa Style Never Last © 2008. Template by Hengky Kik.

SCOOTMAN