Liberty, Ekspresi Kebebasan Piaggio

Jakarta - Piaggio terkenal dengan desain motor yang klasik. Nah, bila Anda sekilas melihat motor ini, tentu tidak akan menyangka kalau ini adalah sebuah motor yang dilahirkan dari rahim produsen asal Italia tersebut. Padahal, ini adalah Piaggio Liberty!

Secara desain, Piaggio Liberty memang berbeda dari saudara-saudaranya yang cenderung menampilkan garis desain yang membulat. Garis desain tubuh Piaggio Liberty tampak tegas dengan lekuk tubuh tajam yang dapat terlihat di bagian depan hingga ke buritan.

Lampu utama motor ini berbentuk unik dengan bentuk prisma yang berpadu dengan lampu sein kecil yang ditempatkan di sayap depan kendaraan. Sementara tubuh samping Piaggio Liberty memperlihatkan lekuk tegas yang menjalar hingga ke bagian belakang.

Mungkin Liberty merupakan media tempat Piaggio mencari kebebasan. Bebas dari pakem desain retro klasik yang selalu diusungnya. Hal ini mungkin pula sesuai namanya, Liberty yang memiliki arti kebebasan.

Puas mengamati, mari kita tunggangi motor ini. Kesan pertama yang didapat ketika sudah menungganginya adalah aura sporty yang terpancar lebih kuat bila dibanding dengan saudaranya seperti Piaggio Zip atau Piaggio LX meski tubuh gambot yang cukup tinggi (jarak terendah ke tanah 118 mm) cukup menyulitkan kaki menapak tanah dengan mantap.

Ulir gas pun di putar, mesin L.E.A.D.E.R empat langkah dengan silinder tunggal dan 2 katup yang memiliki kapasitas 149,5 cc langsung menarik tubuh Piaggio Liberty. Tarikan awal terasa kurang responsif, mungkin ini karena tubuh motor yang lebih gambot dibanding yang lain.

Tapi ketika sudah berjalan, Piaggio Liberty baru menampakkan kemampuan sebenarnya. Motor ini terasa mantap ketika sudah berakselerasi. Kekuatan mesin ini diklaim mencapai 8.6 kW di 8.000 RPM dan torsi sebesar 11.2 Nm di 6.250 RPM.

Melewati berbagai tikungan yang ada di jalanan sekitar Sentul, suspensi Piaggio Liberty yang diisi shock teleskopis hidrolik di bagian depan dan shock double acting dengan 4 setting adjustable di belakang dirasa cukup untuk membantu Liberty menghantam jalanan rusak.

Tubuh Piaggio Liberty yang gambot dengan dimensi 1.930x705x1.325 mm (PxLxT) pun tidak membuat motor ini menjadi tidak bisa menari. Bahkan berkat ukuran ban yang belang yakni 80/90 berukuran 15 inchi di kaki depan dan ban 100/80 dengan ukuran 14 inchi di belakang yang berpadu dengan desain yang sporty cukup membantu aksi menari motor ini.

Dan akhirnya, dengan brand image Piaggio yang begitu kuat serta performa yang menyenangkan, Piaggio Liberty yang dilepas dengan harga Rp 22,5 juta terbilang cukup menggiurkan untuk diboyong pulang.
sumber : Syubhan Akib – detikOto

2 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post