"Berscooter Kita Bersaudara"

1.9.14

Dieng Culture Festival 5

Kawasan Dieng, Wonosobo selalu menyapa wisatawan dengan pesona alam yang memukau, dengan keindahan di ketinggian 2000 m di atas permukaan laut, ditambah dengan budaya masyarakat setempat yang menghasilkan daya pikat yang unik dan memukau. Hal ini yang akan ditampilkan dalam Dieng Culture Festival 2014 yang kelima yang akan diselenggarakan pada tanggal 30 sampai 31 Agustus 2014.
Dataran Tinggi Dieng terletak di dua kabupaten sekaligus. Wilayah sebagian berada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara dan wilayah lainnya terletak di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Dataran tinggi ini diibaratkan sebagai negeri di atas awan karena terhampar di ketinggian 2.000 m di atas permukaan laut menjadikan udaranya sejuk dan menyegarkan dan selalu ditutupi kabut tebal. Pesonannya menjadikan tempat ini diyakini sebagai kawasan sakral dan tempat bersemayamnya Dewa Dewi.

 

Dieng Culture Festival 2014 yang diselenggarakan untuk kelima kalinya ini merupakan pesta budaya terbesar di Dieng.Festival ini akan dibuka dengan jalan sehat sambil menikmati hangatnya Purwaceng; minuman herbal khas Dieng. Pengunjung juga dapat ikut serta dalam serangkaian atraksi seni budaya, mulai dari  pertunjukkan wayang kulit, pameran kerajinan khas Dieng, festival film indie pelajar, pesta balon dan lampion, dan juga semaraknya musik jazz di atas awan.

 


Sebagai acara puncak, Upacara yang paling ditunggu para wisatawan adalah ruwat rambut gimbal. Upacara ini merupakan upacara turun-temurun dengan keyakinan dan mitos warga di Dieng, dimana beberapa anak yang memiliki rambut gimbal asli akan dipotong kemudian diupacarakan untuk dilarung ke sungai. Di tahun ini , upacara ini dapat menarik lebih dari 20 ribu pengunjung (kik) 

1 Comentário:

power bank said...

in baru acara yang manteppp!!! jadi pengen ikut acara gini

Post a Comment

For Sale

Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket

Blog Archive

Recent Comments

Vespa Style Never Last © 2008. Template by Hengky Kik.

SCOOTMAN