"Berscooter Kita Bersaudara"

26.3.14

Reparasi kipas magnet Vespa 2-tak




Fungsi kipas magnet pada Vespa 2-tak adalah sebagai pendingin ketika mesin bekerja. Namun sebaliknya, jika beberapa sirip yang terdapat pada magnet tersebut rontok, akibatnya mesin jadi panas dan akan menghambat kinerja mesin.
Menurut Derin, punggawa bengkel Derin Motor Sport (DMS) di bilangan Kemayoran mengatakan bahwa beberapa pemilik Vespa mesin konvensional memang jarang mengalami rontoknya sirip-sirip kipas pada magnet. Akan tetapi, rontoknya kipas bisa direparasi dengan mengganti kipas dari bahan plastik atau babet
 

"Kalau kita sengaja membeli magnet orisinil, harganya terlalu mahal. Bisa diatas Rp 1 juta. Tapi, dengan modal Rp 100 ribu saja, kita bisa sudah bisa memiliki magnet baru lagi," terang Derin.
Langkah pertama, lepaskan magnet dari mesin Vespa. Selanjutnya, bawa magnet yang rontok tersebut ke bengkel bubut untuk memapas dan menghaluskan semua sisa-sisa sirip yang rontok. Biaya yang dikeluarkan untuk ongkos bubut sekitar Rp 45 ribu.
Sambil menunggu pembubutan, kita bisa membeli kipas magnet dari bahan plastik atau babet. "Biar awet, pakai kipas dari bahan babet saja. Karena, bahan dari plastik biasanya untuk spek balap yang hanya sekali pakai," saran Derin. Harga kipas dari bahan babet sekitar Rp 50 ribu.
Kipas magnet yang sudah dibubut, dibor dan ditap untuk lubang baut berukuran 11 inch. Siapkan 4 lubang berikut baut dan ringnya. Selesai membuat 4 lubang, pasang kipas babet dengan mengencangkan keempat bautnya.
Perhatikan panjangnya baut, jangan sampai tembus dan mengenai spul magnet. Pasang kembali kipas magnet hasil reparasi tersebut pada mesin Vespa.
Selamat mencoba! 

23.3.14

pemuda-pemudi pemalang Galang Dana Bagi Korban Bencana


Pemalang - Bencana yang bertubi-tubi di sejumlah daerah di Tanah Air membuat sejumlah musisi dan penyanyi di kabupaten pemalang yang tergabung dalam komunitas kosong enam dan pemuda pemudi pemalang  . Rasa simpati itu kemudian mereka wujudkan dalam sebuah acara Ngamen “Lewat musik kita peduli bencana ” Pray to Pemalang digelar tadi pagi di dua titik yaitu pasar moga dan perempatan lampu merah Randudongkal Pemalang (22/03/2014).

“Kami hanya punya kemampuan bermusik, itulah yang nanti kami persembahkan untuk menyentuh masyarakat agar menyisihkan dananya bagi saudara-saudara kita yang sedang terlanda musibah,” papar Udin (kobot), penggagas acara amal ini.
 

Acara yang dikemas bersama Komunitas musik dan Scooterist Independent Pemalang (SIP)  dan juga Pemuda Pemudi Pemalang juga didukung salah satu provider telekomunikasi ( TELKOMSEL ini ternyata mendapat sambutan antusias penyanyi dan Group band dari sekitar pemalang. Dalam pentas musik yang dimulai pukul 09.00 pagi dimulai dari 2 titik yaitu moga dan Randudongkal mendapat antusias dari para pengguna jalan yang sedang Melintas.

Lagi menurut udin , salah satu pengurus komunitas ini menaruh apresiasi atas respons para musisi dan penyanyi di kabupaten pemalang. Untuk donasi sampai acara ditutup pukul 5 sore dari total donasi yang terkumpul Rp.5.755.500 yang nanti rencana akan kami sumbangkan langsung kepada korban longsor di daerah Cikadu karna sampai saat ini 2020 Jiwa masih tinggal di barak Pengungsian .
  

“Kami sudah beberapa kali melakukan aksi sosial ke warga Pemalang dan Sekitar  yang sedang tertimpa musibah. Peran serta para musisi dan Scooterist ini tentu memberi semangat tersendiri bagi kami, dan sekaligus bukti bahwa masih banyak masyarakat kita yang peduli pada saudaranya yang sedang tertimpa bencana,” cetusnya. (Hengky Kik )

14.3.14

Ini Vespa Primavera 150 3Vie Pertama Yang Dimodif di Indonesia!


 Jakarta - Meski Piaggio Vespa Primavera 150 3Vie 2014 belum resmi diluncurkan PT Piaggio Indonesia, ternyata Yudhistria sudah ‘nyolong start' memboyongnya. Tapi bukan lansiran Italia, melainkan yang keluaran Vietnam.

"Bagi saya produk Italia maupun Vietnam sama saja, karena modelnya sama. Yang penting bisa menjadi pemilik Primavera pertama di Indonesia yang sudah dimodif dan bisa tampil di OTOMOTIF. Makanya setelah unitnya datang ke rumah, langsung saya bawa ke gerai Scooterazy untuk upgrade performa sekaligus tampilannya," tukas warga Ciganjur, Jaksel ini.

 Andalkan sok Bitubo, handling dan suspensi depan makin ajib. Knalpot Remus dongkrak performa sekaligus tampilan. Daleman CVT tak hanya di-upgrade, tampilannya menarik setelah ditambah cover CVT GTR Evolution.
Nah agar performanya lebih nendang, pria usia 32 tahun ini aplikasi knalpot Remus, variator Zelioni 3V, kopling Zelioni dan v-belt keluaran Malossi. "Agar handling-nya makin enak, sok depan pakai Bitubo, lalu cakram dan kampas rem depannya mengandalkan Zelioni," imbuh anggota Move Rangers chapter Depok.

Lalu untuk dongkrak tampilan, beberapa aksesori disematkan, di antaranya; handgrip, handel rem, flyscreen, spion model tanduk dan beberapa aksesori lainnya. "Beberapa bagian bodi dilapis plastidip coating berwarna hitam. Antara lain; pelek, cover CVT, cover horn, cover fork dan behel," ujar Agman Nata Atmadja, owner Scooterazy.
Masih kata Agman. "Plastidip merupakan pelapis berbahan karet. Jadi bila nantinya bosen, bisa dikelet tanpa merusak cat orisinalnya. Alasan Yudhis minta dilapis plastidip, biar kesan gahar dan elegannya juga dapet," tutup pebengkel di Jl. Kebon Jeruk VII No.18, Jakbar. Keren! (motor.otomotifnet.com)  

Data Modifikasi: 

Knalpot: Remus (karbon) 
Sok depan: Bitubo 
Variator: Zelioni 3v 
Cakram depan: Zelioni 
V-belt: Malossi 
Pelapis bodi: Plastidip coating 
Flyscreen: Primavera smoke 
Handlebar mirror: Zelioni 
Floormat: Primavera 
Scooterazy: 021-6496363 / 0821-12070551


sumber : Motor.otomotifnet.com


10.3.14

Rilis 21 Maret, Vespa Primavera Dijual Rp 30,8 Juta!

Jakarta - Vespa Primavera akhirnya akan segera resmi diluncurkan di Indonesia. Skutik terbaru andalan Vespa ini seperti lahir kembali dengan desain dan teknologi yang lebih modern setelah sebelumnya pernah diluncurkan mulai tahun 1968 dan dihentikan produksinya pada tahun 1970-an.

Primavera yang baru ini mengadopsi sebagian dari gaya dan fitur teknis Vespa 946. “Muda, inovatif, berkelas, dan dinamis adalah empat kata yang menggambarkan Primavera terbaru ini, yang tercermin melalui desain, teknologi, dan warnanya," buka Marco Noto La Diega, Managing Director PT Piaggio Indonesia dalam siaran pers-nya. 

Primavera memiliki dual-bracket suspension link antara bodi dan mesin sebagai inovasi yang dapat mengurangi vibrasi pada titik kontak pengendara dengan Vespanya. Fitur ini didukung oleh desain jok baru yang mampu meningkatkan kenyamanan, terutama ketika menghadapi jalan yang tidak rata. 

Untuk mesinnya, Primavera mengusung teknologi 3 valve (tiga katup) dengan sistem injeksi bahan bakar yang hemat bahan bakar hingga 64 km/liter pada kecepatan 50 km/jam. 

“Untuk pertama kalinya Primavera akan dipamerkan di hadapan publik, tepatnya di Plaza Senayan pada tanggal 21-23 Maret mendatang. Vespa ini memiliki lima pilihan warna, yaitu Nero Vulcano, Azzuro Marechiaro, Rosso Dragon, Monte Bianco, and Blue Midnight, seharga Rp 30,8 juta on the road Jakarta,” jelas Pratiwi Halim, Marketing Director PT Piaggio Indonesia.

Seperti yang dijelaskan Pratiwi Halim, pameran ini akan menjadi penampilan pertama Primavera di depan publik Indonesia. Yang sudah menunggu kehadirannya boleh catat tanggal mainnya! (motor.otomotifnet.com)

4.3.14

Vespa 150 TAP, Vespa Perang Yang Cantik


 MELBOURNE– Vespa 150 TAP, Scoot ! Ini skuter merupakan produksi khusus perang Aljazair. Diperkenalkan pada tahun 1965, kemudian modifikasi dan diproduksi 800 unit pada tahun 1959.

Vespa 150 TAP awalnya adalah Vespa dengan produksi massal. Namun dimodifikasi oleh Ateliers de Construction de Part et Automobiles (ACMA) manufaktur berlisensi dari Vespa di Perancis. Modifikasi dilakukan dengan memperkuat struktur frame dan menempatkan senjata pelontar yang membujur dari buritan hingga menembus sayap depan

Nah, Vespa 150 TAP setelah jadi digunakan oleh pasukan terjun payung Perancis, Troupes Aero Portees, yang oleh sebab itu motor asal Italia ini dibubuhi inisial TAP

.
 Vespa yang digunakan sebagai kendaraan perang ini dipasangkan senjata jenis Recoilless Riffle M20 75mm, sebuah meriam anti baja ringan buatan Amerika Serikat. Katanya sangat ringan dibandingkan dengan meriam standart, tapi mampu menembus baja setebal 100 mm di mana di bagian hulu ledaknya menggunakan baja HEAT.
Agar dapat menembak sempurna, Vespa 150 TAP direkayasa agar sentakan mengarah sempurna kebagian belakang. Hal inilah yang memungkinkan senjata untuk ditembakkan dari atas Vespa 150 TAP.






Saat Vespa 150 TAP diterjunkan, perlu dua orang penerjun untuk memandunya. Agar tak terjadi masalah saat penerjunan, senjata pelontar tidak dipasangkan langsung di motor, namun terpisah dengan menggunakan bantuan tripod

Skuter antik ini sebagai peninggalan sejarah Perancis. Bentuk aslinya terpasang utuh di Museum Vespa di Australian Albert Park Circuit Formula.

Vespa yang dijuluki “Bazooka Vespa” biaya pembuatannya relatif murah US $ 500 pada saat itu, dan dengan M20s yang berlimpah hasil bantuan dari AS. Sekitar 800 skuter ini dikerahkan dalam Perang Aljazair.[Jack/Ric]


Sumber : Scootman Blog

For Sale

Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket

Blog Archive

Recent Comments

Vespa Style Never Last © 2008. Template by Hengky Kik.

SCOOTMAN