"Berscooter Kita Bersaudara"

28.5.17

10 Poin Supaya Biker Tetap Sip Saat Puasa

Bulan Ramadhan sedang kita jalani sekarang, tetapi pekerjaan juga harus dijalankan sob, karena bekerja juga sebagai salah satu ibadah dalam mencari rezeki.

Karena pada dasarnya juga aktivitas bermotor dituntut selalu fokus, melibatkan seluruh anggota tubuh dan panca indra yang baik.
"Korelasinya dengan stamina adalah motoran aman memerlukan stamina yang bagus. Seperti yang kita ketahui stamina yang sempurna diperoleh dari dua sumber yakni istirahat yang berkualitas dan asupan nutrisi yang baik," ucapJusri Pulubuhu dari Jakarta Devensive Driving Consulting (JDDC) dan menjabat sebagai Lead Instructor & Road Safety Consultant.
Di bulan puasa kedua sumber tersebut sering menjadi tidak ideal karena keharusan menjalankan ibadah Ramadhan waktu istirahat menjadi berkurang.
Pola makan juga dipastikan berubah serta (mungkin) pola asupan yang sekadar nya memperbesar peluang menurunnya stamina pada orang-orang yang menjalankan ibadah puasa.
Disisi lain, aktifitas-aktifitas reguler harus selalu dijalankan.
Nah, pria yang tidak sungkan memberi masukan kepada para bikers ini menuturkan setidaknya ada 10 hal yang harus disikapi dalam menjalankan puasa sekaligus aktivitas bermotor.
1. Maksimalkan waktu istirahat di antara kewajiban sholat (ba'da) Isya - Subuh.
2. Untuk perjalanan jauh, ba'da subuh adalah waktu yang ideal untuk melakukan perjalanan.
3. Dalam perjalanan jauh gunakan masjid atau mushola sepanjang perjalanan sebagai rest point sekaligus tempat menjalankan ibadah sholat. "Mana kala waktu sholat wajib belum masuk, bisa melakukan sholat tahiyatul masjid dan mengistirahatkan tubuh sejenak," tambah Jusri.
4. Untuk perjalanan jauh terus menerus yang membutuhkan waktu 2 jam, pastikan menerapkan pola istirahat per 60-90 menit dan maksimalkan total perjalanan tidak lebih dari 8 jam perjalanan (berlaku bagi bikers saat periode bulan puasa).
5. Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat dan tidak panas dibadan seperti bahan denim.
6. Perbanyak asupan yang mengandung protein, karbohidrat dan berserat. Tidak lupa untuk banyak minum air putih dan cukupi buah-buahan.
7. Hindari meminum kopi saat sahur. Kopi akan menstimulus organ tubuh untuk aktif sehingga berdampak organ-organ tubuh akan mengalami keletihan lebih cepat.
8. Segera beristirahat bila sudah menunjukan gejala keletihan, seperti kurangnya fokus saat bermotor.
9. Ingat majoritas pengguna jalan akan mengalami kondisi yang sama, mereka pun mudah melakukan kesalahan.
10. Tingkatkan fokus-fokus pada objek dari kelompok manusia. Bisa saja mereka sedang mengantuk, tidak konsentrasi, maupun kelelahan.

Have a safe ride, selamat berpuasa sob!

Seja o primeiro a comentar

Post a Comment

For Sale

Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket

Blog Archive

Recent Comments

Vespa Style Never Last © 2008. Template by Hengky Kik.

SCOOTMAN