Jabat Erat Persaudaraan

30.1.13

Vespa Luncurkan 3 Motor Anyar di 2013



Jakarta - Tahun 2013 sudah datang, produsen motor Vespa pun siap kembali menginvasi pasar motor Indonesia. Sedikitnya bakal ada 3 motor baru yang siap diluncurkan oleh pabrikan motor asal Italia tersebut di tahun ini.

Communication specialist Radityo Prabowo PT Piaggio Indonesia menjelaskan kalau sedikitnya ada 3 motor yang pasti akan mereka luncurkan tahun ini, diluar itu, ada lagi 1-2 produk baru yang sedang dipertimbangkan untuk masuk pula.

"Tahun ini ada tiga yang baru. Cuma waktunya belum bisa kita kasih tahu," ujar Radityo.

Tiga produk yang dimaksud oleh Radityo adalah Vespa LX 150 injeksi dan Vespa S 150 injeksi serta varian anyar Vespa 946.

"Untuk LX dan S sebenarnya kan sudah ada, nah nanti yang kita luncurkan yang pakai mesin baru, tiga katup," lugasnya.

Mesin itu sendiri adalah mesin generasi baru yang memiliki tiga katup. Piaggio memutuskan menggunakan sistem tiga-katup (dua intake, satu exhaust) karena dianggap bisa meningkatkan campuran bahan bakar. Busi sekarang diletakan di posisi baru untuk meningkatkan pendinginan di kepala silinder.

Dengan struktur baru tersebut, Piaggio mengklaim mesin 150 cc baru diklaim memiliki tenaga hingga 12,7 hp pada 7.750 rpm dan 9,4 lb-ft di 6.250 rpm, lebih baik dari versi sebelumnya yang hanya bertenaga 11,9 hp pada 8.000 rpm dan 8,7 lb-ft di 6.250 rpm.

Namun, meski tenaganya terhitung bertambah, pabrikan motor Italia itu mengklaim kalau konsumsi bahan bakar mesin ini malah lebih irit. Piaggio mengatakan kalau mesin itu mampu melakukan efisiensi hingga 55 km/liter.

Di sisi lain, Vespa 946 adalah versi produksi dari motor konsep bertampang jadul bernama Vespa Quarantasei. Vespa 946 dilihat dari desainnya seperti masih mengambil inspirasi dari Vespa Quarantasei. Jadi bila Vespa Quarantasei adalah sebuah motor konsep, Vespa 946 adalah versi produksi dari Vespa Quarantasei itu.

Meski berstatus sebagai motor baru, aura retro amat kental pada motor ini. Bukan apa-apa, sebab dari namanya saja, 946, motor ini memang ditenggarai mengambil inspirasi dari desain tahun 1946 dimana tahun itu Vespa mulai melakukan produksi skuter.

Motor ini di desain di Vespa Pontedera Style Center. Garis desainnya tetap mengikuti bahasa desain yang selama ini selalu dipertahankan Vespa.

Inspirasi motor ini, kemungkinan besar sama dengan Quarantasei yang mengambil inspirasi dari motor prototype MP6 buatan tahun 1945 dengan garis desain yang terus melengkung dan membulat layaknya motor Vespa pada umumnya. Lekukan khas Vespa tersebut dapat dilihat mulai dari bagian depan sayap, samping hingga ke belakang.

Tapi, bahan yang digunakan kini adalah aluminium, bukan besi. Ini dimaksud untuk menjaga bobot kendaraan agar tetap ringan yang pada akhirnya akan berpengaruh pada tingkat efisiensi kendaraan.

"Untuk harga juga belum bisa kita kasih tahu," elak Radityo


Sumber : DetikOto

3 Comentários:

R-82 said...

waaah mantap kang Henky. trims infona. saya penggemar Vespa juga nih

Hengky Kik said...

R-82 oks bro ....sama2 saling berbagi , satu vespa sejuta saudara

014 stac said...

Ngumpulin duit ah wat tuku,..amin

Post a Comment

For Sale

Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket

Blog Archive

Recent Comments

Vespa Style Never Last © 2008. Template by Hengky Kik.

SCOOTMAN